Senin, 19 Oktober 2009

Copyright © 2003 Lampung Post. All rights reserved.
Selasa, 30 Juni 2009
JURNALISTIK: Wartawan Harus Ingin Tahu

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Agar sukses di dunia persuratkabaran, seorang jurnalis harus memiliki rasa ingin tahu tinggi. Selain itu, media memerlukan team work kuat agar bisa memenangkan persaingan.

Redaktur Lampung Post Amirudin Sormin mengungkapkan hal itu saat menerima kunjungan 43 mahasiswa Universitas Muhammadiyah Metro (UMM). Mahasiswa program Manajemen Informatika Komputer tersebut dipimpin Sekretaris Program Sudarmadji dan diterima Kepala Bagian Promosi Alfian, staf informasi dan teknologi (IT) Rifai, di aula Lampung Post, Senin (29-6).

Sudarmadji mengatakan kunjungan mahasiswa ini bertujuan memperdalam ilmu di bidang informasi dan teknologi serta ilmu komunikasi. "Kami memilih Lampung Post karena merupakan salah satu harian terkemuka dan tepercaya di Lampung," kata dia.

Amirudin Sormin mengatakan penerbitan koran berawal dari rapat proyeksi pada pagi hari. "Pada saat proyeksi, semua berita yang akan kami cari kami rencanakan," kata dia.

Kemudian reporter mencari berita di lapangan dan selanjutnya menuliskannya. "Sebagai sebuah penerbitan koran, harian kita secara ketat menjaga deadline agar koran bisa diterima masyaarkat tepat waktu," kata dia. Selain itu, koran juga harus diantarkan ke seluruh pelosok Lampung yang ada di Bakauheni hingga Pematang Panggang.

Sementara itu, para mahasiswa yang berasal dari Metro tersebut terlihat antusias untuk mengetahui lebih jauh dunia persuratkabaran. Para mahasiwa bertanya mengenai syarat menjadi jurnalis dan peran masyarakat dalam memberikan informasi kepada surat kabar.

Menjawab hal tersebut, Amirudin mengatakan seorang jurnalis harus memiliki rasa keingintahuan tinggi. Sehingga segala hal yang meyangkut kepentingan masayarkat banyak bisa diinformasikan kepada publik. n UNI/S-1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar